Accounting adalah sebuah proses mencatat ataupun merekam semua transaksi keuangan yang mana di sini berhubungan dengan bisnis. Proses akuntansi termasuk dalam menganalisa merangkum dan juga melaporkan semua transaksi finansial pada lembaga pengawas, pihak yang berwenang memungut pajak dan lain-lain.

Laporan keuangan yang dipakai di dalam akuntansi yaitu berupa ringkasan singkat dari transaksi finansial selama periode tertentu, termasuk di sini ringkasan terkait mengenai kegiatan perusahaan, arus kas posisi finansial perusahaan. Maka dari itu akuntansi adalah salah satu kunci penting di dalam bisnis di sektor apapun itu.

Akuntansi dapat dibuat oleh pihak ketiga seperti contohnya akuntan yang mana berasal dari firma khusus yang dipisah dari perusahaan atau dapat juga ditangani departemen khusus yang mana di sini terdiri atas beberapa pegawai dan umumnya lebih sering terjadi pada perusahaan yang memiliki skala besar.

Bentuk laporan untuk akuntansi sangatlah beragam seperti contohnya akuntansi biaya dan akuntansi manajerial. Laporan ini begitu penting supaya nantinya perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat.

Apa Fungsi Accounting

Semua perusahaan di sini memakai akuntansi untuk melakukan pelaporan, solusi dan memprediksi transaksi keuangan. Fungsi utama accounting yaitu untuk menyimpan dan juga menganalisis info finansial dan juga transaksi finansial.

Akuntansi tersebut dipakai guna mempersiapkan laporan keuangan untuk pemimpin perusahaan, pegawai dan juga para investor. Di dalam sebuah bisnis akuntansi mempunyai banyak sekali fungsi diantaranya yaitu:

Menghitung Pendapatan Bisnis

Fungsi tersebut tidak beda jauh dengan pencatatan keuangan pribadi. Sebuah bisnis perlu tercatat dengan baik, pengeluaran ataupun pemasukannya, dari sini dapat diketahui apakah terdapat pengeluaran yang terlalu besar, kurang penting dan lain-lain.

Mengetahui Piutang

Tentunya setiap bisnis mempunyai piutang usaha. Untuk perusahaan kecil melakukan pelacakan piutang mungkin bukan hal yang susah namun beda halnya dengan perusahaan yang besar. Bagaimanapun perusahaan perlu menerima pembayaran di waktu jatuh tempo supaya kegiatan perusahaan tidak terganggu.

Mengetahui Utang Usaha

Dengan adanya accounting ini maka perusahaan juga akan memudahkan untuk mengetahui utang usaha yang harus dibayarkan saat sudah jatuh tempo.

 

Leave A Comment

Recommended Posts

Bisnis

Fungsi Accounting bagi Perusahaan

Accounting adalah sebuah proses mencatat ataupun merekam semua transaksi keuangan yang mana di sini berhubungan dengan bisnis. Proses akuntansi termasuk dalam menganalisa merangkum dan juga melaporkan semua transaksi finansial pada lembaga pengawas, pihak yang berwenang memungut pajak dan lain-lain. Laporan keuangan yang […]

admin
Bisnis

Mengenal Berbagai Jenis Investasi Untuk Pemula

Seperti yang kita ketahui bahwa Investasi adalah kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau hasil di kemudian hari. Investasi sendiri adalah orang atau pihak yang melakukan kegiatan investasi baik investasi untung pemula atau jenis investasi lainnya. Apa saja berbagai […]

admin